Minggu, 12 Agustus 2012

JAVA kombinasi script 3 input [Scanner, Buffered, JOptionPane]

Kali ini saya akan memposting program java untuk perkalian bilangan pertama dan kedua kemudian dibagi dengan bilang ke tiga.
Untuk proses hasilnya bisa dilihat akan diperoleh seperti ini:

1. untuk input bilangan pertama saya menggunakan input dari scanner

2. untuk input bilangan ke dua saya menggunakan input dari bufferedreader

3. untuk input ketiga saya menggunakan input dari joptionpane, untuk menginputkan bilangannya saya menggukanan show input dialog. Untuk show input dialog ini tidak akan muncul langsung anda haru menekan ALT+TAB pada keyboard untuk memunculkannya karena show input dialog ada dibelakang program netbeans.

4. untuk hasilnya akan diperoleh seperti ini, untuk bilangan pertama saya menginputkan 6 dan untuk bilangan kedua saya menginputkan 5 dan untuk bilangan ketiga saya menginputkan 5.

Dibawah ini script lengkapnya, silahkan anda mencobanya di netbeans anda! semoga bermanfaat.

package Praktek1;

import java.util.Scanner;
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
import javax.swing.JOptionPane;

public class kombinasi_3_inputan {
    public static void main (String[] args) {
        Scanner input = new Scanner (System.in);
        System.out.println("bilangan kesatu: ");
        String fn = input.nextLine();
        
        BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
        String sn = "";
        System.out.println ("bilangan kedua: ");
        
        
         try {
            sn = dataIn.readLine();
          
        }
        catch(IOException e) {
            System.out.println("salah!");
        }
        String tn = JOptionPane.showInputDialog("bilngan ketiga:");
        
         int bil1 = Integer.parseInt(fn);
         int bil2 = Integer.parseInt(sn);
         int sum = bil1*bil2 ;
         int bil3 = Integer.parseInt(tn);
         int hasil = sum / bil3 ;
                
        
         JOptionPane.showMessageDialog (null, "Jawabannya adalah " +hasil, "Jawaban", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE) ;
      
        
    }
}


0 omongan orang:

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 Bagas Haryo Didukung oleh Blogger